Rabu, 19 November 2014

Cara Membuat Server VOIP Dengan Asterisk Di Ubuntu 12.04


Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digitaldan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

      • Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.


      • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).


      • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.


      • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.


      • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan


      • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.


      • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.


      • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.


      • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran


      • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.


      • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.


      • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.


      • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa


      • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.


      • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset


Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.

Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa PSTN adalah inti dari jaringan suara harus diubah bahwa telepon analog biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan IPTelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telepon analog biasa.

Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX.

Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk komunikasi multimedia. Sebagai Alternatif penggunaan telepon, dengan makin maraknya penggunaan VoIP Merdeka Dari 200 ke 1.300 pengguna dalam 1 bulan pertama. Saat ini 3.000 s.d. 4.000 panggilan dalam sehari. Lebih murah, misalkan biaya internet - TelkomNet Instan +/- Rp 10.000/jam, 2 pihak Rp 20.000/jam. Biaya SLJJ Zone 3 (>500km) termurah Rp 505/menit Rp 30.300/jam.





untuk praktek kali ini saya menggunakan Asterisk, dimana Astrisk ini akan menempel di Operating System Ubuntu 12.04.
Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).
langsung saja di praktekkan, tapi sebelumnya bagi yang mau belajar juga pastikan OS ubuntunya telah terinstal dengan baik dan benar dan juga konfigurasi ethernetnya juga sudah pas sesuaikan dengan network masing masing.




langkah percobaan

Langkah 1 : Instal Paket Asterisk




(sebelumnya masuk dulu ke mode super user “sudo su”)




#apt-get install asterisk







pada saat proses instalasi akan muncul seperti pada gambar di bawah ini, isi sesuai kode telepone negara masing masing






Langkah 2 : Konfigurasi File Asterisk

 Bila proses penginstalan selesai, maka lakukan pengeditan dengan command :

#gedit /etc/asterisk/sip.conf




Lakukan perubahan sesuai gambar berikut :


Keterangan Gambar :


[300] [301] : adalah nomor telepon , ini adalah ekstensi yang akan di jadikan alamat atau nomor teleponnya    (untuk penerapannya kita akan menggunakan aplikasi X-Lite)

type          : ini untuk penandaan atau group

context     : nama pada context harus sama pada ekstensi.conf

username : nama yang akan muncul ketika ada telpon masuk, dan boleh di isi nama

secret       : ini adalah password (isi sesuai keinginan)

host         : biarkan saja dynamic


langkah 3:

Edit atau konfigurasi extension.conf dengan perintah :

#gedit /etc/asterisk/extension.conf




kemudian edit sesuai gambar berikut:



Ket :

Ini yang dimaksud bahwa "nama pada context harus sama pada ekstensi.conf" 

langkah 4:

selanjutnya penrestartan pada asterisk, dengan perintah :

#/etc/init.d/asterisk restart


Setelah penrestartan selesai atau muncul gambar seperti di bawah:


pengkonfigurasian berhasil dan penrestartan  selesai


langkah 5:

Next,pastikan X-Lite sudah terinstal atau lakukan penginstalan X-Lite, dimana dapat di download di google dengan mencari nama software tersebut. Setelah X-Lite  diinstal maka konfigurasi akun seperti gambar dibawah ini :




Ket :


User ID sesuai dengan nomor extensi

Domain sesuai dengan IP


Sebelumnya pastikan kabel LAN tersambung atau berada dalam satu jaringan dan coba lakukan menghubungi nomor ekstensi yang telah dikonfigurasi sebelumnya, berikut gambar dengan pengujian pertama dimana account yang terinstal pada X-Lite hanaficad mencoba menghubungi extensi pertama dengan nomor 300 berhost name icadatau menghubungi diri sendiri :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar