Kamis, 30 Oktober 2014


PENGENALAN UBUNTU
A.    PENGERTIAN UBUNTU
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Kemudian ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasiskan Linux ,kita tahu bahwasanya Linux adalah Operating System seperti UNIX, yang merupakan implementasi independen dari POSIX, meliputi true-multitasking, virtual memory,shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser. Tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Komunitas ubuntu ini dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi ubuntu :
   Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
   Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary) ,bukan hanya peralatan yang akan tersedia secara gratis pada aplikasi ini tetapi juga ada hak untuk memodifikasi perangkat lunak hingga bekerja sesuai dengan yang di inginkan.
Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan pada ubuntu ini sendiri yaitu :
A.      Kelebihan
  Bebas virus : untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yang ber ext.exe untuk ubuntu sudah beda ,jadi virus dari OS tidak akan menyebar pada OS Linux ini.
  3D interface  : ubuntu sudah bisa 3D walaupun spek nya tidak terlalu tinggi
  Kompatibel
  Gratis untuk dwonload
  Mudah untuk digunakan

B.      Kekurangan
  Koneksi internet pada saat update maupun penginstalan nya


Macam-macam Ubuntu
1.      Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris education Ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira-kira: "pendidikan untuk semua orang". Edubuntu merupakan varian dari Ubuntu.
2.      Gobuntu merupakan turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang dikandung untuk memberikan distribusi yang terdiri sepenuhnya dari perangkat lunak bebas.
Karena Ubuntu sekarang menggabungkan "perangkat lunak bebas hanya" pilihan installer, proyek Gobuntu itu dianggap berlebihan pada awal 2008
3.      Kubuntu merupakan varian resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai lingkungan destopnya, berbeda dengan ubuntu yang menggunakan gnome dan  xubuntu yang menggunakan XFCE sebagai lingkungan destop.
4.      Lubuntu adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghasilkan suatu turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang "lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya dan efisien energi", menggunakan lingkungan desktop LXDE.
5.      Xubuntu adalah sebuah distribusi Linux dan varian resmi yang berbasiskan Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce. Xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah atau mereka yang mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi.dll



A.    HASIL DAN ANALISA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar