Kamis, 30 Oktober 2014


Pengambilan Data Tentang Kestabilan Unjuk Kerja Kecepatan Akses Internet

1. Landasan Teori

 Pada bagian ini akan dicari tahu nominal RTT dengan rentang tertentu yang sering muncul. Percobaan ini menggunakan Probabilitas Distribution Function (PDF) danCummulative Distribution Function (CDF) untuk mengetahui bentuk distribusi data RTT selama pengukuran dalam rentang waktu tertentu.

1.2 Fungsi Kepadatan Probabilitas (pdf)

 

     Fungsi kepadatan probabilitas (probabilty density function) merupakan suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian tertentu (s) dan dituliskan dengan:

f (s) = P (S=si)

 Fungsi kepadatan probabilitas mempunyai beberapa sifat, antara lain:

  1. 0 ≤ f(si) ≤ 1, hal itu karena nilai kemungkinan berada pada range 0 s/d 1, dimana :

  •  0 berarti tidak akan terjadi

  • 1 berarti pasti terjadi.

  1. Jumlah fungsi dari seluruh kejadian itu adalah 1 (pasti terjadi). 

1.3 Fungsi Kepadatan Kumulatif (cdf)

    Fungsi kepadatan kumulatif (Cumulative Density Functon) adalah suatu fungsi yang menyatakan probabilitas terjadinya kejadian sampai kejadian tertentu. Definisi fungsi kepadatan kumulatifF(si) adalah probabilitas terjadinya semua kejadian S, mulai dari s1, sampai dengan si.

tentukan ukuran paket yang digunakan, yaitu 64byte, 128byte, 512byte dan 1024 byte. Selanjutnya dengan aplikasi ping, lakukan proses ping untuk setiap ukuran paket tersebut diatas sebanyak 1000 iterasi. Perlu diketahui, pada bagian ini hasil ping yangrequest time out tidak diperhitungkan, artinya 1000 nilai RTT harus didapatkan. Oleh karena itu untuk antisipasi hasil request time out, saya naikkan angka iterasinya menjadi 1100. Jumlah iterasi 1000 ini didasarkan pada lama pengukuran sebagai tingkat variasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain 1000 pembaca juga bisa menggunakan angka 500, namun tentunya semakin sedikit iterasinya semakin sedikit variasi hasil pengukuran yang didapatkan.

hasil data ping yang di lakukan selama  pratikum


Untuk pengambilan data akses internet ke server tujuan yaitu www.detik.com, maka kita perlu mengetikkan perintah pada command prompt dengan perintah :


ping www.detik.com -n 1100 -l paket data -i 225 >paket data.txt.

dan untuk Request Time Out (RTO) tidak diperhitungkan dalam pengumpulan data.

 Grafik PDF dengan paket data 64, 128, 512, dan 1024 byte.

64

128

512

1024

Grafik cdf dengan paket data 64, 128, 512, dan 1024 byte.

64

128

512

1024


Sebagaimana yang kita ketahui PDF adalah suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian tertentu. Sedangkan CDF adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu. Pada ukuran paket 64byte misalnya, jumlah data yang diperoleh dari range 54 – 79 adalah 667 data, maka untuk mengetahui PDF nya

Begitu seterusnya, data yang didapat sampai range tertentu. Sedangkan untuk memperoleh hasil dari CDF adalah  penjumlahan dari setiap kemunculan data tersebut hingga range tertentu atau penjumlahannya sampai hasilnya 1.

Dan dari ke empat grafik PDF tersebut, grafik dengan ukuran paket 128byte memiliki unjuk kerja yang bagus dan stabil, karena pada grafik tersebut persebaran datanya tidak terlau banyak. Jaringan stabil pada range 56 – 81. Range yang lainya hanya memiliki peluang yang sedikit kemunculannya. Pada paket 64 byte, sebenarnya hampir sama dengan paket 128byte, tapi jika dibandingkan persebaran datanya lebih banyak pada paket 64byte. Beda halnya dengan paket 512 dan 1024 byte, jaringannya tidak stabil,banyak penyebaran data yang terjadi.Ukuran paket yang semakin tinggi akan mempengaruhi roundtrip.

Kemudian dari ke empat grafik CDF, boleh dikatakan grafik dengan ukuran paket 128 byte yang memiliki unjuk kerja yang bagus, karna grafik nya hampir seperti garis lurus,Artinya “Semakin mendekati angka 1 maka kejadian tersebut semakin jarang muncul”. Berbeda dengan paket lainnya, data RTT yang paling besar banyak sekali yang muncul,membuat unjuk kerja kecepatan akses internet menjadi lambat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar